Indonesia – Belanda (dulu dan sekarang)

Posted: 28/10/2009 in umum
Tag:, ,

Indonesia negara kepulauan yang sebenarnya kaya raya dan penuh akan potensi budaya sebenarnya bisa dijadikan aset yang sangat penting untuk membangun negara ini, dan pertanyaannya mengapa Indonesia yang kaya raya ini masih saja terpuruk , nampaknya Indonesia kurang bisa atau bahakan tidak bisa memanfaatkan sumber kekayaan tersebut.

Kita lihat masa lalu bangsa ini, yang dulu pernah dijajah bangsa Belanda. Belanda mampu mengatur Bangsa Indonesia yang besar dan memanfaatkan sumber kekayaannya untuk pembangunan negeri ‘Kincir Angin’ tersebut. Negara Kecil mampu mengatur negara yang besar, kedengarannya hebat memang. Indonesia mudah dijajah dan dipengaruhi Belanda karena pada waktu itu Indonesia bukanlah Indonesia, melainkan Nusantara yang terdiri dari banyak kerajaan, Belanda memanfaatkan itu untuk adu domba, sehingga sering terjadi perpecahan dan persaingan antar kerajaan.

Melihat masa lalu Belanda, sebenarnya tujuan mereka datang ke Nusantara tidak lain hanya untuk mengeruk keuntungan sebanyak mungkin dari wilayah jajahannya yang kaya raya.  Sebenarnya kondisi Belanda dulu dalam kondisi terpuruk dan hampir bangkrut dengan keadaan sosial ekonomi yang carut marut.  Keadaan itu dikarenakan pengaruh era Industrialisasi sehingga Belanda merasa kedodoran dengan beberapa negara tetangganya Jerman dan Inggris. (Teun Jespers, 1980 dalam tulisan Satjipto).  Belanda mengeruk keuntungan dari kekayaan Indonesia untuk membangun negaranya, dan Belanda tidak jadi tenggelam dalam kebangkrutan dan mulai menata negaranya menjadi lebih mapan, dan itu semua berkat Indonesia (Hindia-Belanda).

Kalau kita lihat dari sejarah, Indonesia pernah menjadi penolong bagi Belanda yang kini hidup dengan kemakmuran.  Dan pertanyaannya adalah mengapa Indonesia tidak bisa membangun negaranya dengan kekayaannya sendiri?  Apakah butuh butuh waktu yang lama untuk menggali kekayaan Indonesia untuk kita nikmati, seperti halnya Belanda yang pernah merasakan hasil bumi Indonesia untuk kemakmuran mereka.  Dapatkah kita makmur dan seperti Belanda Sekarang?
Kenyataannya adalah sekarang Indonesia merupakan negara berkembang dengan kemiskinan dimana-mana dan Belanda adalah negara kaya dan makmur.

Komentar
  1. Slimp mengatakan:

    Sok tw lu…

  2. jay mengatakan:

    hmm… menambah pengetahuan

  3. uguk mengatakan:

    hmm…..

    menarik sekali…..
    🙂

  4. thomas mengatakan:

    jadi sekarang mari kita bersemangat membangun negeri dengan kecerdasan dan integrasi yang lebih unggul……………semangat……..^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s