Hemat Energi atau Keselamatan di Jalan Raya

Posted: 28/03/2010 in umum
Tag:

Pasti semua sudah pada tau kalau peraturan menyalakan lampu sepeda motor di siang hari wajib dilakukan. Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 ( lima belas) hari atau denda paling banyak Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah). Sebenarnya ini agak bertentangan dengan kampanye hemat energi. Jika ingin meningkatkan keselamatan di jalan raya ya mesti kesadaran dari pengendara sendiri untuk lebih berhati-hati.

Padahal kan Pemerintah menganjurkan agar masyarakat Indonesia untuk menghemat baik energi. Namun peratuaran yang dibuat malah bertentangan dengan anjuran sebelumnya dan sepertinya akan meningkatkan pemanasan global. Menyalakan lampu dapat memicu pemborosan, seperti kita ketahui hal itu terjadi karena energi yang terbuang untuk menyalakan lampu sepeda motor belum lagi mengganti bohlam lampunya karena sering dipakai.

Saya pribadi sebagai pengendara sepeda motor merasa menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari tidak efektif, karena sinar yang dipancarkan juga tidak begitu tamapak, kalah dengan sinar matahari, malah mungkin menambah silau jika berada terlalu dekat. Pengendara menjadi tidak fokus di jalan raya karena bayak sekali lampu yang menyala (kecuali di malam hari). Menyalakan lampu di siang hari akan terasa efektif apabila jalan raya berkabut, berasap dan hujan deras.

Komentar
  1. gugun mengatakan:

    sangat berlawanan memang dengan apa yang telah di usahakn untuk menghemat energi, sementara dilain pihak menggalakkan “pemborosan energi” yang dapat menghasilkan polusi cahaya… cukup polusi cahaya kita rasakan di malam hari, jangan ditambah juga di siang hari..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s